Naga Laut Berdaun (Leafy Sea Dragon)

Naga laut berdaun??? seperti apa itu yaa???

untuk lebih jelasnya baca penjelasan berikut ini:::

Naga laut berdaun masih menjadi kerabat dekat dengan kuda laut, naga laut berdaun lebat (Phycodurus Eques) dan naga laut berdaun jarang (Phyllopteryx Taeniolatus) adalah makhluk yang berkamuflase dengan banyak hiasan di tubuhnya. Hiasan tersebut menyerupai jaring laba-laba berbentuk daun  yang menutupi seluruh tubuh mereka dan dapat berkamuflase dengan sempurna bila berbaur dengan formasi rumput laut dan tanaman laut tempat mereka tinggal.

Naga laut berdaun banyak umumnya berwarna coklat hingga kuning, dengan pelengkap warna zaitun yang spektakuler dalam tubuhnya. Untuk naga laut berdaun jarang, biasanya berwarna kemerahan dengan bintik kuning. Naga laut memiliki moncong tipis dan sangat panjang, batang yang ramping tercangkup dalam lingkaran tulang serta ekor yang tipis sehingga tidak dapat digunakan sebagai jangkar untuk bertahan di suatu tempat.

Naga Laut (phycodurus eques) memiliki sulur-sulur mirip daun di seluruh tubuhnya yang membantunya bersembunyi di antara rumput-rumput laut, sehingga baik mangsa maupun predatornya sulit mengetahui keberadaannya. Sirip punggung dan sirip dada mereka kecil dan bening yang mendorong dan mengarahkan mereka perlahan melalui air, namun mereka nampaknya lebih menyukai terhanyut mengikuti arus seperti rumput laut. Naga laut ini bertahan hidup dengan memakan krutasea kecil seperti kutu laut.

 

Naga laut bisa ditemukan di sepanjang garis pantai Australia. Naga laut dewasa ukurannya bisa mencapai 45cm (18 inci). Selama musim kawin, sang betina akan menyimpan hingga 250 telur-telur yang berwarna pink terang pada bagain bawah ekor pejantannya dimana mereka kemudian saling menempel dan terjadi pembuahan.

One thought on “Naga Laut Berdaun (Leafy Sea Dragon)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s