Surga Nyata Bawah Laut,,???

Pasti di benak kalian, kalian berfikir-fikir,,, Apa benar ada Surga di Bawah Laut???

Yups, itu memang kata yang tepat buat Taman Laut Wakatobi yang memiliki berbagai macam keindahan di bawah lautnya…. namanya juga taman laut…­čÖé

Semua orang pasti menginginkan suatu tempat yang indah… ini lah salah satu tempatnya,,,,, Taman Laut Wakatobi,,

Wakatobi merupakan sebuah kepulauan yang terletak di propinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Memiliki luas 1.39 juta hektar dengan sumber daya alam laut yang bernilai tinggi dan panorama bawah lautnya yang menakjubkan.

Kepulauan Wakatobi terletak di pertemuan Laut Banda dan Laut Flores. Wakatobi merupakan Singkatan  dari nama empat pulau besar yang ada di kawasan tersebut, yaitu Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko.

Surga nyata bawah laut merupakan julukan yang diberikan kepada kawasan Taman Nasional Wakatobi. Yang terletak di jantung segitiga karang dunia (The heart of coral triangle centre).

 

Wakatobi memiliki kekayaan sumberdaya laut yang melimpah dan eksotik dan memiliki beberapa potensi obyek wisata alam, mulai panorama bawah laut (ekosistem terumbu karang dan biota laut). Air laut yang sangat jernih, terumbukarang yang mempesona yang dihuni oleh beragam hewan laut seperti ikan paus, ikan duyung, ikan lumba lumba, ikan napoleon dan berbagai jenis ikan hias lainnya, serta berbagai jenis tumbuhan laut layaknya sebuah taman di lautan, dan ada beberapa  gua dan peninggalan sejarah, yang secara umum kondisinya masih baik. Setidaknya ada enam gua yang bisa Anda jajal di sana, yakni Kontamale, Tee Kosapi, Lia Ntade, Alam, Alam Darawa, dan Hendoapa.

Menengok masa lalu Wakatobi, tampak unik dan penuh lika-liku. Kendati kawasan ini bekas jajahan kolonialis Belanda dan Portugis, namun pernah menjadi penyebaran agama Islam yang cukup pesat.┬á Bukti peninggalan sejarahnya dapat dilihat dari peninggalan Masjid Tua dan Rumah Adat Bontona Kaledupa. Kedua warisan sejarah itu memiliki keunikan tersendiri.┬á Ia menjadi salah satu suaka peninggalan sejarah dan purbakala Sulawesi Tenggara. Konon, rumah adat tersebut dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Anda juga dapat mengamati berbagai peninggalan sejarah dua bangsa kolonialis tersebut. Bayangkan, ada sekitar 15 benteng dengan nilai sejarah yang belum sepenuhnya terkuak oleh ilmu pengetahuan.┬á Ke-15 benteng tersebut adalah Tindoi, Wabue- Bue, Koba, Liya, Mandati Tonga, Watinti, Togo Molengo, Baluara, La Donda, Horuo, La Manungkira, Pangilia, Ollo, Labohasi, dan TapaÔÇÖa. Inilah mengapa Wakatobi lebih banyak dikunjungi turis asing daripada domestik.

Pulau Hoga, Pulau Tomia dan Pulau Binongko merupakan lokasi yang menarik dikunjungi terutama untuk kegiatan menyelam (diving), snorkeling, wisata bahari, berenang, memancing, berkemah dan wisata budaya.

Kecantikan Wakatobi inilah yang selalu memberi kesan tak terlupakan bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya. Dan sudah banyak yang mengakui bahwa Taman Nasional Wakatobi merupakan taman laut terindah dan terumbu karang terbaik di dunia.

Luas area Wakatobi ini sekitar 1.39 juta hektar, perairannya mempunyai konfigurasi mulai dari datar, melandai ke arah laut, dan bertubir curam. Ukurannya yang memanjang dari utara ke selatan, antara 05,15 derajat LS sepanjang kurang lebih 160 km, dan membentang dari barat ke timur antara 123,30 derajat sampai 124,15 derajat BT sepanjang kurang lebih 120 km.

Dengan memiliki 750 jenis terumbu karang, maka Wakatobi merupakan terumbu karang tunggal terbesar di dunia, Hamparan terumbu karang terbentang luas dengan topografi bawah laut yang kompleks seperti bentuk slope, flat, drop off, atoll dan underwater cave ditambah kekayaan biota laut yang beraneka ragam. Kedalaman lautnya bervariasi. Bagian terdalam mencapai 1.044 meter dengan dasar perairan berpasir dan berkarang. Ikan hias berwarna-warni tampak bermain-main di sela-sela terumbu karang yang eksotis.

Keindahan bawah laut Wakatobi merupakan salah satu obyek wisata bawah laut yang sangat menarik di dunia, antara lain karena bentuk karang laut dan spesies ikan hias yang dimilikinya jauh lebih beragam dan unik. Hal itulah yang membuat Taman Nasional Wakatobi tidak pernah sepi dari para wisatawan.

Tujuan wisata menyelam dengan salah satu terumbu karang terbaik di dunia di mana anda dapat melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dalam kenyamanan menyeluruh. Saat anda menikmati wisata menyelam terbaik anda membantu memastikan bahwa keajaiban bawah laut di daerah tersebut akan berada di sana hingga masa mendatang.

Berikut ini beberapa obyek wisata alam yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Wakatobi :

Karang kapota terletak di sebelah barat P.Wangi-wangi. Merupakan ekosistem terumbukarang  Untuk menuju pulau tersebut  dibutuhkan waktu ± 30 JKendaraan Laut. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah Snorkeling, Diving dan penelitian.

Pantai Sousu terletak  Terletak di Desa Matahora Kec. Wangi-Wangi, untuk menuju pantai ini memerlukan waktu ± 30 menit dengan berkendaraan roda dua/roda empat dari ibukota kecamatan (Wanci). Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Sousu ini, seperti Snorkeling, diving, serta menikmati pemandangan pantai.

Pantai Patuno Lokasi ini terdapat di Desa Patuno Kec. Wangi-Wangi, untuk menuju tempat ini dapat menggunakan kendaraan roda dua memakan waktu ┬▒ 60 menit dari ibukota kecamatan. Aktivitas yang dapat dilakukan di tempat ini, seperti menikmati pemandangan pantai, dan juga terdapat keunikan dari pantai patuno ini yaitu banyak terdapat mata air tawar yang keluar dari celah-celah batu maupun pasir.

Pulau Hoga Terletak Pulau kaladupa, Kelurahan Ambeua, merupakan pusat aktifitas Operation Wallacea sej ak tahun 1995 sampai sekarang. Memiliki sarana-prasarana yang lengkap yang menunjang kegiatan seperti Diving, snorkeling dan penelitian. Selain itu juga terdapat ┬▒ 100 homestay yang dikelola masyarakat setempat yang berlokasi tepat di belakang pantai pasir putih sepanjang ┬▒ 1 km. Kawasan wisata bahari di pulau Hoga dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat dari Ibukota Kecamatan ┬▒ 10 menit.

Pulau Sombano Terletak di Desa Sombano Kec. Kaledupa, merupakan pantai berpasir putih. Fasilitas yang tersedia ditempat ini antara lain adalah Pos Jaga dan Shelter. Dapat dijangkau dari Ambeua (Ibukota Kec. Kaledupa) dengan kendaraan roda 2 / roda empat + 15 menit. Aktivitas yang dapat dilakukan antara lain : panorama alam, berjemur dan olah raga pantai

Pulau Tolandona Terletak di Desa Lamanggau Kecamatan Tomia, dengan panjang pantai ┬▒ 2 km. Kawasan tersebut dikelola oleh PT. Wakatobi Divers pada tahun 1995 sampai sekarang, sehingga sarana prasarana yang menunjang kegiatan seperti menyelam, snorkeling dan penelitian telah tersedia dengan lengkap. Kawasan wisata bahari di Pulau Tolandona dapat ditempuh denganmkendaraan laut dari Waha (Ibu kota Kec. Tomia) + 30 menit. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah menyelam, snorkeling,berjemur dan penelitian.

Pantai Letimu Terletak di Desa Kulati Kecamatan Tomia, dengan panjang pantai ┬▒ 400 m, di sekitar pantai Letimu terdapat beberapa sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2, 4 dan kendaraan laut ke arah barat Desa Kulati dengan jarak ┬▒ 2 km arah selatan kulati. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah menyelam, snorkeling, berjemur.

Pantai Huntete Terletak di Desa Kulati Kecamatan Tomia, dengan panjang pantai ┬▒ 1 km. dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2, 4 dan kendaraan laut kearah barat desa Kulati dengan jarak ┬▒ 2 km arah selatan Kulati. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah menyelam, snorkeling,berjemur.

Pantai Mbarambara Terletak di Desa Wali Kecamatan Binongko, ┬▒ 8 km arah timur Wali. Pantai Mbara-Mbara merupakan habitat tempat bertelurnya Penyu. Pantai Mbara- Mbara tersebut memiliki potensi bagi obyek wisata alam dengan panorama lautnya yang indah dengan panjang pantai ┬▒ 2,1 km.

Pantai pasir putih Terletak di Desa Sowa Kecamatan Binongko, Pantai Pasir Putih memiliki potensi bagi obyek wisata alam dengan panorama lautnya yang indah dengan panjang pantai ┬▒ 950 m. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah menyelam, snorkeling, berjemur.

Pantai Palahidu Terletak di Desa Palahidu Kecamatan Binongko, dengan panjang pantai ┬▒ 1 km. Pantai Palahidu memiliki panorama laut yang indah. Pantai Palahidu merupakan tempat mandi bagi Raja pada

zaman dahulu ini dapat dibuktikan dengan terdapatnya kuburan tiga susun (kuburan raja) yang sampai saat sekarang masih di keramatkan. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah menyelam, snorkeling, berjemur.

Pantai Haso Terletak di Desa Palahidu Kecamatan Binongko dengan panjang pantai ┬▒ 400 m, memiliki panorama laut yang indah. Pantai Haso dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2, 4 dan kendaraan laut ke arah timur kota Rukuwa. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah menyelam, snorkeling, dan berjemur.

Jika ingin melihat pemandangan laut yang eksotis itu, maka bulan April dan Desember adalah bulan yang paling baik untuk melakukan penyelaman karena cuacanya sangat bagus. Di samping menyelam dan snorkling di pantai juga disediakan khusus motor selam, tour snorkling dan penjelajahan di kepulauan di sana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s