Akibat yang dialami manusia saat bergerak menembus kecepatan suara,,,,

Saat bergerak menembus kecepatan suara, pasti banyak akibat yang dialami oleh manusia… Kita lihat saja contoh dari pesawat Supersonic berikut ini:::

“Concorde” adalah pesawat supersonik (pesawat  dengan kecepatan suara) pertama yang diciptakan pada dekade 1950-an hasil kerjasama antara Inggris dan Perancis.

Pesawat ini juga mampu membawa 144 penumpang dengan kecepatan 2,04 mach (2.200 kilometer per jam) pada ketinggian 60.000 kaki, lho… wow… 

Itu artinya kecepatan Concorde 2 kalinya kecepatan suara, yakni 1.200 km/jam. Padahal, rata-rata pesawat biasa menempuh jarak tersebut harus membutuhkan waktu lebih dari 7 jam. Ketika menembus kecepatan luar biasa itu, Concorde  akan mengeluarkan suara menggelegar yang  disebut SONIC BOOM.

Sonic boom adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik. Gelombang kejut adalah daerah di udara dimana  terjadi perubahan (tekanan udara, temperatur, densitas) secara dadakan. Gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca.

Wah,, udah kebayangkan apa jadinya kalau kita menembus kecepatan suara… 

Akibatnya parah banget,,,,

One thought on “Akibat yang dialami manusia saat bergerak menembus kecepatan suara,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s