Gempa dan Tsunami di Jepang,, 11 Maret 2011

Gempa bumi kembali mengguncang Jepang, Jumat siang (11 Maret 2011). Gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter (SR) ini juga memicu tsunami yang menghantam banyak kendaraan dan sejumlah bangunan di pesisir timur laut Jepang, yang dekat dengan episentrum.

Menurut badan meteorologi Jepang, gempa terjadi sekitar pukul 14.46 waktu setempat, dengan kedalaman sekitar 10 kilometer. Badan Meteorologi Jepang kemudian mengeluarkan peringatan tsunami di seluruh pesisir timur Jepang, yang menghadapi Samudera Pasifik. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii menyatakan bahwa peringatan tsunami juga berlaku di Rusia, Pulau Marcus, dan Kepulauan Mariana.

Gelombang tsunami dilaporkan terjadi di Kota Onahama di wilayah Fukushima. Gempa ini disebut-sebut sebagai gempa terdahsyat dalam 7 tahun ini, dan diperkirakan pusat gempa terjadi pada 130 km sebelah timur Sendai, Honshu, atau 373 km tenggara Tokyo pada kedalaman 24 km.


Peringatan waspada tsunami juga dikeluarkan untuk Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia, dan negara bagian Hawaii, AS. Penduduk ibukota Jepang, juga merasakan guncangan gempa.

Gempa tersebut membuat gedung-gedung di Tokyo bergoyang. Orang-orang pun panik berlarian ke jalan-jalan. Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk seluruh pantai Jepang, Rusia dan Mariana Islands. Diingatkan bahwa gelombang air setinggi hingga 6 meter bisa menghantam pantai dekat wilayah Miyagi.


Menurut badan Survei Geologi AS atau USGS, gempa tersebut berkekuatan 8,8 SR dan melanda sekitar 400 kilometer dari Tokyo dengan kedalaman 20 mil.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami untuk seluruh pantai Jepang, Rusia dan Mariana Islands. Diingatkan bahwa gelombang air setinggi hingga 6 meter bisa menghantam pantai dekat wilayah Miyagi.

Kronologi terjadinya gempa dan tsunami di jepang tersebut menurut Associated Press, adalah saat goncangan mulai terasa pada Jumat 11 Maret 2011 pukul 14.46 waktu setempat. Sekitar kurang lebih 30 menit kemudian, terjadi gempa susulan dengan kekuatan 7,4 SR. Badan Survei Geologi AS menilai bahwa gempa pertama berkekuatan 8,9 SR.

Peringatan tsunami kini diperluas hingga ke wilayah pasifik Rusia, Filipina, dan Indonesia. Sejauh ini dilaporkan 20 orang terluka di Tokyo setelah sebuah atap aula roboh di sebuah sekolah saat pesta kelulusan berlangsung. Dan sampai berita ini ditulis saudah 8 orang meninggal akibat gempa dan tsunami di jepang ini

Menurut beberapa berita, di Indonesia bagian timur juga teracam akan terjadi bencana serupa pada pukul 18.00 waktu Indonesia Barat, dan daerah yang di perkirakan akan terkena gempa dan tsunami tersebut meliputi Maluku utara, papua, irian serta Sulawesi utara

Semoga saudara-saudara kita yang berada di Jepang diberi ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi bencana tersebut. Dan semoga isu-isu gempa dan tsunami yang akan menimpa Indonesia tidak akan terjadi,,

One thought on “Gempa dan Tsunami di Jepang,, 11 Maret 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s